Thursday, June 11, 2015

PANTAI NGLAMBOR WONOSARI

Bicara mengenai pantai di wilayah Jogjakarta tentunya tidak lepas dari pantai Parangtritis dengan padang pasirnya yang legendaris. Tetapi, itu doeloe......
Pantai-ParangtritisYap, Parangtritis sudah harus melepaskan jabatannya sebagai pantai primadona di wilayah Jogjakarta, meskipun pesonanya tidak juga pudar. Dengan bentangnya yang sangat panjang, pasir pantainya yang menjorok jauh ke daratan serta segara pasirnya yang tidak ditemui di tempat-tempat lain di negeri ini, pantai Parangtritis masih menjadi salah satu pesona wisata Jogjakarta.
Namun demikian dengan dibukanya pantai-pantai baru di Wonosari, Gunung Kidul, para traveler mempunyai lebih banyak pilihan tempat dan lebih beragam aktifitas bisa dilakukan sesuai dengan minatnya. Di wilayah Wonosari sebelumnya juga sudah memiliki beberapa pantai sebagi icon wisata, sebut saja trio pantai yang sudah terkenal : Baron, Krakal dan Kukup. Dengan kelebihan dan keindahan masing-masing.
Saat ini total disepanjang Wonosari telah dibuka tak kurang dari 14 pantai yang dikelola oleh 2 sub dinas pariwisata, sehingga apabila ingin mengunjungi semua pantai-pantai tersebut, pengunjung harus membayar 2x retribusi. Satu pos retribusi mengelola 3 pantai yaitu pantai Siung, Nglambor dan Jogan. Selebihnya dikelola oleh sub dinas dengan pos restribusi yang berbeda. Tentu saja, retribusi untuk 11 pantai lebih mahal daripada 3 pantai.
Ngambor 01
Pantai Nglambor - Wonosari, Gunung Kidul
Kalau dibahas masing-masing pantai, dengan 14 titik, pastinya akan menjadi satu buku tersendiri..... Jadi coba kita bahas salah satu pantai yang baru saja diresmikan sebagai tujuan wisata baru alias newbie, yaitu pantai Nglambor. Kenapa pantai Nglambor ? Jawabannya...... ya, karena baru dibuka, hehehe.
Oke, pantai Nglambor ini menurut cerita penduduk setempat baru diresmikan pembukaannya pada bulan Maret tahun 2015, meskipun sebelumnya sudah dikunjungi oleh mereka yang suka mencari susasana yang berbeda dari pantai mainstream yang telah ada.  Untuk dapat menuju ke pantainya, pengunjung harus berjalan menuruni jalan setapak berbatu kira-kira 800 meter dari jalan utama. Ini artinya kembalinya harus juga menempuh jalan yang sama, namun mendaki. Tetapi jangan kuatir, diujung jalan setapak tersebut ada pangkalan ojek yang dikelola oleh desa, pengunjung dapat diantar sampai dekat ke pantai dengan imbalan lima ribu rupiah sekali jalan.
Ngambor 04Dari pangkalan ojek diujung satunya, pengunjung masih harus berjalan kaki lagi menuruni jalan setapak kira-kira 200 meter menuju pantainya. Jangan dulu merasa cape...., karena begitu kita menginjakkan kaki di pasir pantai, kita bakalan betah berlama-lama disana. Apalagi di pantai Nglambor kita bisa berenang dan bersnorkeling sekaligus berfoto-foto ria. Ada dua operator yang menyediakan peralatan snorkeling disana. Biaya sewa alat sudah termasuk dokumentasi foto dibawah air.
Ngambor 05Pantainya sendiri tidak terlalu luas sehingga kalau kita jalan-jalan dari ujung ke ujung, mungkin hanya memakan waktu 10 menit. Posisi pantai dilingkupi oleh tebing-tebing yang tinggi, sehingga kita tidak memerlukan payung dan tenda untuk sekeedar berlindung dari terik sinar matahari. Diantara jajaran pantai-pantai di Wonosari, Nglambor adalah salah satu dari dua spot snorkeling. Tidak semua pantai cukup aman dan mempunyai karang serta biota laut yang enak untuk diselami, sehingga cocok  menjadi spot snorkeling ataupun diving. Selama bersnorkeling, tetaplah mengikuti instruksi dari pengawas karena seperti yang selama ini diketahui, ombak di pantai selatan Jawa adalah salah satu yang cukup berbahaya. Waktu yang baik buat snorkeling biasanya adalah dibawah jam 9 pagi atau diatas jam 15.00 sore hari.
Nglambor 06
Snorkeling di Pantai Nglambor - Wonosari, Gunung Kidul
Apalagi yang bisa dinikmati disana ? Kalau anda bukan penggemar snorkeling, bukan pula penyuka oleh raga renang, maka nikmatilah pemandangan disana yang masih alami. Pemandangan yang bagus juga dapat dinikmati dari atas tebing, disana ada beberapa spot yang memungkinkan kita menikmati pantai sambil merasakan hembusan angin yang sepoi-sepoi, atau sambil bercengkerama dengan teman-teman tercinta.... Salah satu point penting adalah, pantai ini masih belum terlalu crowded dan masih terjaga alaminya. Konon karena pantai ini berada di tanah milik perseorangan, jadi selama ini belum dibuka untuk umum dan belu banyak pula yang tahu.
Untuk konsumsi, jangan kuatir, disana tersedia warung-warung makan sederhana yang dikelola oleh warga setempat. So, siapkan baju pantai anda, perlengkapan snorkeling, kacamata renang dan lihat tanggal terbaik untuk menikmati pantai alami, pantai Nglambor, Wonosari, Gunung Kidul.
Jangan lupa kontak kami REKATOURS untuk menemani perjalanan agar perjalanan piknik senantiasa rileks dan menyenangkan. We Make Your day bro !

REKATOURS & TRAVEL 
Tour & Travel : (021) 824 00280, 0821 83290182 (Simpati)0819 15559181 (XL)
Ticketing         : (021) 824 00280, 0813 1594 2222 (Telkomsel), 0816 760283 (Indosat)
email               : reka.toursntravel@gmail.com



No comments:

Post a Comment