Thursday, June 11, 2015

KERENNYA CANDI GEDONG SONGO SEMARANG

Namanya sudah menunjukkan maknanya, yap, kompleks candi Gedong Songo dinamakan demikian karena terdiri dari sembilan Candi (songo artinya sembilan dalam bahasa Jawa) yang tersebar di lereng Gunung Ungaran, Semarang, Jawa Tengah.

Kalau anda berencana bepergian ke ibukota Jawa Tengah alias kota Semarang, luangkan waktu untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Dengan jarak tempuh sekitar 45 km dari pusat kota Semarang, anda sudah sampai di kompleks Candi Gedong Songo. Karena letaknya yang cukup tinggi, kira-kira 1.200 meter diatas permukaan air laut, tentu saja jalan kearah sana kebanyakan mendaki, bahkan tidak jarang tanjakannya cukup ekstrim. Pilihlah sopir yang berpengalaman agar perjalanan anda nyaman dan relax tanpa terganggu mabuk darat karena routenya yang berbukit.
Waktu terbaik mengunjungi tempat wisata ini adalah pada saat pagi hari, saat udaranya masih cukup dingin, bisa sampai 18°C, sejuk kan.....? Oleh karena itu pada pagi hari di desa Candi ini (nama tempat kompleks Candi berada) masih sering kita temui kabut yang makin menambah keindahan pemandangan disana. Bagi sebagian orang khususnya para calon pengantin, Candi Gedong Songo menjadi salah satu pilihan untuk pemotretan pre-wedding, jadi sudah kebayang kan ajibnya lokasi wisata ini...
Berkuda 01Yang akan kita temui pada saat sampai di lokasi adalah hutan pinus yang menyegarkan, serasa berada di hutan-hutan Amrik sana. Entah kenapa, saya sendiri sangat suka dengan hutan pinus. Retribusi masuk ke obyek wisata ini hanya 6.000 rupiah saja. Apabila anda berkeinginan mengunjungi semua candi yang ada, bisa dengan berjalan kaki atau naik kuda. Saran saya, sebaiknya anda pilih berkuda saja, bisa-bisa keriting kaki kalau harus menyusuri perbukitan Gunung Ungaran ini. Tarif jasa sewa kuda 50.000 rupiah, biasanya kita bisa mengunjungi paling tidak tujuh candi, dua candi lagi sudah cukup rusak sehingga pemandu kuda biasanya melewatkannya. Kalau anda penggemar jalan kaki alias hiking, harap siapkan sepatu terbaik dan ternyaman yang anda punya, siapkan juga jas hujan atau jaket anti air untuk mengantisipasi apabila turun hujan atau untuk sekedar menahan dinginnya cuaca.
Candi Gedong 1Perjalanan berkuda akan dimulai dari Candi I selanjutnya masing-masing candi akan dinamakan dengan nama Candi Gedong Pertama dan seterusnya sesuai dengan penomornya. Diantara Candi Gedong III dan IV anda akan menemui sebuah loakasi berupa kepunden (kawah kecil bekas aliran lava) gunung yang terdapat sumber air panas. Tentu anda sudah tahu bahwa panas air ini dihasilkan dari kandungan belerangnya yang tinggi. Memang bau belerang dan kepulan asap dilokasi kepunden tersebut cukup menyengat, jadi sebelum berangkat siapkan juga sapu tangan atau syal buat menutupi indera penciuman anda.
Pigura 01Wisatawan yang berniat untuk mandi atau berendam air belerang, dilokasi tersebut terdapat pula kolam pemandian. Selanjutnya perjalanan akan mengarah ke Candi Gedong IV dan seterusnya. Untuk makanan, camilan atau air minum, mudah ditemui di selama perjalanan. Penjaja makanan ringan plus minuman kemasan beraneka ragam selalu siap sedia di setiap pelataran candi. Selesai berkuda, makan siang bisa mampir di rumah makan atau warung disekitar lokasi, makanan khas yang patut dicoba adalah sate kelinci ditemani dengan wedang ronde hangat... hmm yummy!
Selamat menikmati keindahan hutan asri Bandungan. Keep travelling and enjoy the beauty of Indonesia. We make your day....!

REKATOURS & TRAVEL 
Tour & Travel : (021) 824 00280, 0821 83290182 (Simpati)0819 15559181 (XL)
Ticketing         : (021) 824 00280, 0813 1594 2222 (Telkomsel), 0816 760283 (Indosat)


No comments:

Post a Comment