Thursday, June 11, 2015

MENSIASATI HARPITNAS

Siapa yang tidak senang dengan long weekend ? Everybody will love it!
Tetapi khususnya di Indonesia kita tercinta ini ada REAL long weekend yaitu libur nasional yang diberikan (granted) sebelum atau sesudah hari libur normal yaitu sabtu dan minggu, ada juga long weekend yang terjadi karena adanya hari kerja yang "terjepit" diantara hari libur nasional lainnya, biasa kita sebut Hari Libur Kejepit Nasional alias Harpinas. Didalam kalender resmi Indonesia, setiap tahunnya sepertinya selalu ada saja hari-hari "baik" dengan karakteristik seperti itu.
Ilustrasi - Harpitans Mei 2015
HARPITNAS MEI 2015
Dalam kondisi seperti ini biasanya para pekerja memanfaatlannya untuk mengambil cuti tahunannya, atau kalau perlu cuti lainnya dengan berbagai alasan yang tersedia. Prinsipnya untuk menambah liburnya menjadi long weekend plus....
Bagi mereka yang hendak memanfaatkan harpitnas yang akan jatuh pada hari Jumat tanggal 15 Mei 2015, berikut adalah tips & trick yang perlu diperhatikan untuk menghemat biaya dan waktu untuk memaksimalkan acara liburannya menjadi momen yang paling menyenangkan :
1. LONG WEEKEND SELALU LEBIH SIBUK - Sadarilah bahwa harpitnas bulan Mei 2015 adalah waktu yang sangat baik sekaligus paling sibuk dikarenakan terjadi menjelang bulan Juni 2015 yang sudah memasuki bulan puasa (Ramadhan 1436 H).
2. LIBURAN PENGGANTI LIBURAN ANAK SEKOLAH - Meskipun normalnya liburan anak sekolah jatuh pada bulan Juni-Juli, tetapi karena pada bulan-bulan tersebut umat muslim sedang menjalankan puasa Ramadhan, sekaligus menjelang hari Raya Idul Fitri, maka banyak orang akan memanfaatkan libur panjang Harpitnas bulan Mei sebagai pengganti liburan anak sekolah.
3. PERHATIKAN PERUBAHAN HIGH SEASON WISATA - Oleh karena hal tersebut diatas, Mei 2015 menjadi salah satu bulan sibuk (high season) bagi dunia pariwisata Indonesia sebelum jatuhnya liburan panjang Idul Fitri 1436 H
4. RESERVASI PERJALANAN LEBIH AWAL - Tiket pesawat terbang untuk Harpitnas Mei 2015 telah mengalami kenaikan sehingga pembelian tiket jauh-jauh hari sangat disarankan untuk mengunci harga. Pada tanggal-tanggal tersebut promo tiket sudah pasti tidak ada, untuk menghemat biaya siapakanlah dana lebih awal guna pembayaran tiket terlebih dahulu, karena harga tiket pesawat terbang dan KA bisa berubah sewaktu-waktu apalagi mengingat pergerakan US$ akhir-akhir ini.
5. PERHATIKAN OKUPANSI HOTEL DI TEMPAT TUJUAN - Setelah mengamankan tiket, apakah kita bisa langsung terbang atau berangkat ? Perlu juga diperhatikan reservasi hotel untuk akomodasi selama di tujuan wisata. Okupansi hotel selama long weekend bisa dipastikan naik, bahkan beberapa hotel sudah menyatakan menolak tamu pada periode tersebut. Soal harga, jangan ditanya, sudah pasti melambung hampir menyentuh langit.
6. PERGUNAKAN JASA TOUR AGENCY - Ini bukan promosi lho, tetapi memang harus diakui bahwa tour agency adalah salah satu pemain di dunia pariwisata, sehingga tidak mengherankan kalau mereka paling tahu apa yanga sebaiknya dilakukan untuk dapat mengamankan perjalanan dan acara liburan anda. Pepatah mengatakan "serahkan pada ahlinya".
7. JAGA KESEHATAN - Barangkali setelah tiket dan akomodasi kita boleh bernapas lega. Tinggal kita jaga kesehatan dan kebugaran badan agar pada waktunya semua tidak sia-sia dan kita dapat menikmati perjalanan dan liburan semaksimal mungkin.
Akhir kata, selamat menikmati HARPITNAS MEI 2015.  Salam Piknik !

No comments:

Post a Comment